ARTI KEBAHAGIAAN HIDUP

Isdaryanto | 31.12.10 | 8 comments


Kebahagiaan manusia ada bila ia bisa membuka mata hatinya, dan menyadari bahwa ia memiliki banyak hal yang berarti dan menyadari betapa ia dicintai. Manusia bisa bahagia, bila ia mau membuka diri agar orang lain bisa mencintainya dengan tulus.

Kebahagiaan manusia tidak dapat hadir karena tidak mau membuka hati, dan berusaha meraih apa yang tidak dapat diraih, terlalu memaksa untuk mendapatkan segala yang diinginkan, tidak mau menerima dan mensyukuri apa yang ia miliki.

Keegoisan manusia yang menyebabkannya menjadi buta, keegoisan dan hanya memikirkan diri sendiri yang menyebabkan manusia tidak sadar bahwa ia begitu dicintai, tidak sadar bahwa saat ini apa yang ada adalah baik untuknya.

Begitu banyak sahabat yang begitu mencintai, tapi karena terlalu memilih, menilai dan menghakimi sendiri, justru sahabat sejati menjadi semakin jauh. Terlalu memilih sahabat membuat manusia tak dapat menyadari di depan mata ada sahabat sejati yang dibutuhkannya.

Tiap-tiap manusia memiliki arti dan peranan masing-masing, semua berbeda. Tidak ada yang memiliki arti yang sama persis. Punya peranan dan kelebihan disatu hal, tidak harus memiliki peranan dan arti dalam hal lain. Dicintai oleh satu orang belum tentu disayang oleh orang lain.

Kebahagiaan bersumber dari dalam diri sendiri, jangan berharap dari diri orang lain, karena orang lain dapat mengkhianati. Kebahagiaan ada bila bisa menerima diri apa adanya, mencintai dan menghargai diri sendiri, mau mencintai dan menerima orang lain.

Percaya kepada Tuhan, bersyukur bahwa manusia selalu diberikan yang terbaik sesuai yang diperbuat manusia itu sendiri. Tak perlu berkeras hati, Ia akan memberi di saat yang tepat apa yang manusia butuhkan. Tidak harus saat ini, masih ada esok hari. Seperti yang sedang teralami, mendapat suatu cobaan dan kesusahan adalah jalan untuk dapat melihat kebahagiaan “menikmati kebahagiaan dalam kesusahaan hati”.

Category: , , ,

8 comments:

  1. Kebahagiaan bersumber dari dalam diri sendiri, jangan berharap dari orang lain

    dalem banget...

    ReplyDelete
  2. thanks untuk renungan akhir tahunnya
    nangis...

    ReplyDelete
  3. Terkadang kita merasa sudah menjadi orang kaya hanya karena bisa ‘membeli’ kebahagiaan.. Padahal ada orang yang jauh lebih kaya, yang sudah bisa mendapatkan kebahagiaan tanpa membeli… :)

    -blognya banyak sekali-

    ReplyDelete
  4. Jalani hidup apa adanya dan ga usah ngoyo itulah aq tapi bukan ga ada semangat buat maju, dan bahagiaku ada keluarga yg menyayangiku n teman jg sahabatku,,,
    hik2 jadi ingat Dia Sahabatku yg telah Berdua ,,,,

    ReplyDelete
  5. mencintainya dengan tulus.... kata2 ini nih yang perlu ane garis bawahi,,,, susah banget kalo ada kata2 tulus.

    ReplyDelete
  6. Kebahagian sejati ada di hati yang ada nur.... cahaya....

    ReplyDelete
  7. Kebahagiaan sejati yang membuat manusia seakan hidup selamanya

    ReplyDelete
  8. Arti kebahagian hidup menurut ane. bisa berbagi kebahagian tersebut kepada orang yang kita cintai dan orang-orang sekitar kita.

    ReplyDelete